Lampu Penerangan Jalan Umum Murah bukan berarti tidak berkualitas bisa digunakan sebagai alat penerangan jalan umum besar hingga gang sempit di perkampungan. Model dan bentuknya pun beragam corak tersedia dimana-mana, termasuk juga di mentari solar led. Harga lampu penerangan jalan umum tentu saja berbeda-beda, sesuai dengan daya, bentuk, corak dan yang paling mempengaruhi adalah mereknya. Semakin terkenal mereknya, dijamin semakin mahal.

Apa Benar Lampu Penerangan Jalan Umum Murah Harganya?

Ada beberapa alasan kenapa Lampu Penerangan Umum disebut Murah, padahal bila dihitung seluruh komponen Lampu penerangan jalan memerlukan biaya cukup besar. Nah, lalu dimana letak arti murah dari tulisan kali ini? Ok lah kalau begitu kita mulai ulas apa alasan lampu PJU disebut murah.

Sebenarnya mudah saja, misalnya instalasi lampu jalan yang dipasang berharga 7 juta, yang terdiri dari tiang, lampu PJU dan lain sebagainya sebagai satu kesatuan lampu penerangan jalan umum. Kemudian dipasang pada jalan kelas 3 daya 50 watt, lalu tiang dibuat setinggi 9 meter dari permukaan tanah. Lampu PJU tersebut disebut murah, bilamana: tidak rusak dalam waktu dekat, daya yang digunakan tidak berlebihan, cahaya lampu sesuai dengan lokasi atau daerahnya, dan atau kualitas instalasi Lampu PJU.

Pertama apabila setelah pasang lampu putus atau rusak, maka tentunya harus melakukan penggantian yang berarti dua kali keluar biaya. Kedua jika daya yang lampu PJU yang digunakan ternyata kurang, maka fungsinya tidak akan maksimal dan harus menggantinya dengan daya lampu yang lebih besar. Begitu pun bila terlalu berlebihan dayanya, maka dipastikan harga lampu akan jauh lebih mahal. Ketiga lokasi pemasangan lampu juga menentukan efektifitas dari kerja lampu, karena daerah berkabut akan berbeda dengan daerah tidak berkabut. Nah bila daerah berkabut dipasang lampu penerangan jalan untuk jalan tidak berkabut, sudah bisa ditebak instalasi lampu PJU akan sia-sia dan kemudian harus menggantinya dengan lampu PJU yang cocok untuk daerah berkabut. Terakhir barangkali adalah kualitas kerja ketika melakukan instalasi lampu PJU akan menentukan lampu penerangan jalan umum murah bisa diperoleh.

Untuk sumber arus listrik, Lampu Penerangan Jalan Umum Murah bisa menggunakan sumber arus listrik PLN atau energi baru terbarukan lainnya. Bagaimana dengan lampu penerangan jalan umum tenaga surya? Jawabannya sama saja, Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian dan pemasangan lampu PJU, agar biaya tidak terlalu mahal. Seperti pada gambar kedua diatas, ada 2 jenis lampu PJU yang berbeda sumber arus listriknya, tentu bukan tergolong lampu penerangan jalan umum murah.

Jadi sebaiknya untuk mendapatkan lampu jalan penerangan jalan murah, hal-hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

  • Jenis jalan yang akan dipasang lampu penerangan jalan umum
  • Jenis sumber arus listrik Lampu PJU
  • Situasi daerah yang akan dipasang lampu PJU, misalnya berkabut atau tidak
  • Kualitas produk dan instalasi dari lampu PJU
  • Jangka waktu perawatan yang diinginkan

Untuk sementara hal diatas rasanya cukup untuk mendapatkan lampu pju murah, walaupun masih banyak lagi hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli dan memasang lampu PJU. Perencanaan yang matang hingga kepada proses perawatan akan membuat biaya dari lampu PJU jadi murah.

Cari Penerangan Jalan Umum Murah, Bisa!!

Penerangan Jalan Umum Murah bisa diwujudkan bilamana perencanaan dan perhitungan dilakukan secara teliti dan sesuai dengan kebutuhan. Bukan berarti Lampu PJU berharga murah, lantas disebut murah. Atau lampu PJU berkualitas dan bermerek yang harganya mahal disebut mahal. Lampu PJU murah bisa jadi mahal, bilamana tidak sesuai, apalagi mutunya buruk dan tidak kuat digunakan dalam jangka panjang, alias mati setelah pasang. Itu semua karena kemudian harus mengganti dengan lampu PJU baru. Begitu pun lampu bermerek dan berkualitas dengan harga mahal, bisa jadi lebih murah dari yang murah harganya. Pastinya kualitas didukung perencanaan yang tepat lampu PJU mahal jadi murah, karena jangka pemakaian jauh lebih lama. Demikian kira-kira ulasan sekilas mengenai lampu pju murah, dilain waktu akan ditulis topik yang berkaitan dengan lampu PJU lainnya.

Mentari Solar LED
error: Content is protected !!