Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Populer atau PLTS ada tiga jenis sistem diantaranya adalah Off grid PLTS, On Grid PLTS dan Hybrid PLTS. Ketiga jenis PLTS tersebut sangat populer digunakan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi, termasuk ketersediaan dana. Untuk sistem On Grid PLTS dan Hybrid PLTS, pengguna harus telah memakai listrik konvensional bertegangan AC (Misalnya PLN) baik 1 atau 3 phase. Sedangkan untuk Off Grid tidak perlu keberadaan jaringan listrik PLN, jadi dimana saja dan kapan saja off grid PLTS bisa diterapkan sebagai penyedia listrik untuk perumahan. Buat Anda yang tertarik pada green energy, seperti sistem listrik tenaga surya, silahkan pilih mana sistem SHS yang sesuai kebutuhan.

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Populer

  1. Jenis Off Grid PLTS adalah sistem pembangkit listrik tenaga surya yang pada pada umumnya digunakan di daerah yang belum terjangkau oleh jaringan PLN, tetapi sistem Off Grid juga bisa dilakukan di daerah perkotaan yang telah ada sumber listrik PLN. Off Grid System bisa disebut dengan Stand Alone Photovoltaik system yaitu sistem pembangkit listrik yang hanya bersumber pada energi matahari sebagai sumber energi utama. Rangkaian photovoltaic modul (Solar PV) menerima dan merubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik sesuai dengan besar kecilnya kapasitas PV array-nya. Jenis off grid SHS sangat menguntungkan bila digunakan di daerah atau wilayah belum terjangkau jaringan listrik PLN. Jenis off grid system terdiri dari Off SHS (Solar Home System) skala besar dan kecil, Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya, dan PLTS Terpusat dengan daya berskala besar.

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Populer

  1. Jenis On Grid /Grid Tie PLTS, Jenis ini perbedaannya adalah tidak menggunakan energi power (penyimpan arus listrik) yang dihasilkan oleh modul surya. Namun, Jenis On Grid hanya bisa berfungsi bila telah ada jaringan listrik seperti PLN. Jenis on grid ini sangat baik digunakan bagi kebutuhan listrik di siang hari. Untuk malam hari, karena tidak menggunakan batere penyimpan arus listrik maka arus listrik yang digunakan kemudian adalah kembali pada listrik PLN. Jadi, biaya penggunaan listrik disiang hari, terutama bagi pengguna aktif energi listrik di siang hari akan menjadi berkurang bebanya. Rangkaian sistem on grid terhubung dengan jaringan PLN. dimana pada siang hari murni pemanfaatan energi dari panel surya untuk kebutuhan energi listrik yang dibutuhkan.

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Populer

  1. Jenis PLTS Hybrid adalah gabungan dari 2 sistem atau lebih sumber energi yang berbeda. Jenis pembangkit Hybrid diantaranya menggabungkan beberapa sumber energi diantaranya adalah gabungan antara genset dan PLTS, mikrohydro dan PLTS atau PLTS dan tenaga angin. Sistem ini merupakan alternatif sistem pembangkit listrik pilihan paling tepat bagi daerah-daerah yang sukar dijangkau oleh sistem pembangkit besar berkapasitas besar seperti jaringan PLN atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).  Jenis hybrid ini umumnya memanfaatkan energi listrik baru terbarukan sebagai sumber energi listrik utama (primer) yang dikombinasikan dengan genset atau dengan lainnya yang berfungsi sebagai sumber energi sekunder.

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Populer

Mentari Solar LES yang berlokasi di LTC Glodok, Jakarta menyediakan berbagai jenis produk PLTS, baik off grid ataupun On Grid. Semua persediaan PLTS dilengkapi fitur dan kelengkapan sesuai kebutuhan, mulai dari paket SHS Berskala daya kecil hingga besar, kemudian juga dilengkapi dengan bagian-bagian atau unit komponen pendukung sistem PLTS.

Mana Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Populer yang Sesuai?

Silahkan pilih sesuai kebutuhan, perhitungan dan pertimbangan Anda untuk memutuskan mana Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang paling tepat untuk dipilih. Mentari Solar LED juga menyediakan bagian-bagian sistem PLTS jenis apapun secara terpisah, mulai dari produk branded hingga berharga murah, alhasil sistem PLTS bisa ditekan biayanya semurah mungkin. Jadi jangan ragu untuk mulai menggunakan green energi PLTS, pilih dan temukan kebutuhan PLTS Anda di Mentari Solar LED LTC Glodok, Jakarta.

Mentari Solar LED
error: Content is protected !!