Sepintas Perihal Inverter perlu diketahui oleh calon penggunanya, agar tidak salah memilih inverter yang baik dan berkualitas. Inverter bukan nama baru dan sudah umum digunakan sebagai unit yang digunakan sebagai pengubah arus AD ke AC, tapi tidak seluruhnya mengetahui mana inverter berkualitas dan yang tidak berkualitas. Yuk simak lanjutan dari tulisan selanjutnya.

Sepintas Perihal Inverter

Inverter adalah sebuah perangkat elektrik yang berfungsi sebagai pengubah arus listrik searah (DC) jadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi arus DC 12/24 volt atau lebih dari sumber arus seperti batere, panel surya/solar cell menjadi tegangan AC 220 volt setara dengan tegangan listrik PLN. Pada PLTS, inverter sangat diperlukan sebagai pengubah tegangan listrik DC menjadi teganan AC dan kemudian dapat digunakan sebagai pendukung perangkat listrik, agar dapat menyalakan lampu, televisi, pompa air, dan lain sebagainya.

Jenis Inverter:

  • Square sine wave inverter adalah tipe inverter yang menghasilkan Output gelombang (sinus) persegi, jenis inverter ini tidak cocok untuk beban AC tertentu seperti motor induksi atau transformer, selain tidak dapat bekerja square sine wave dapat merusak peralatan tersebut.
Sepintas Perihal Inverter

Square sine wave inverter

  • Modified sine wave inverter adalah tipe inverter yang menghasilkan Output gelombang persegi yang disempurnakan/persegi kuasi yang merupakan kombinasi antara square wave dan sine wave.. Inverter ini masih dapat menggerakan perangkat yang menggunakan kumparan, hanya saja tidak maksimal serta faktor energy-loss yang besar.. dan tidak cocok dengan perangkat elektronik yang sensitif atau khusus, misalnya laser printer tertentu, peralatan audio.
Sepintas Perihal Inverter

Modified sine wave inverter

  • Pure sine wave inverter adalah tipe inverter yang menghasilkan Output gelombang sinus murni setara PLN.. Inverter jenis ini diperlukan terutama untuk beban-beban yang menggunakan kumparan induksi agar bekerja lebih mudah, lancar dan tidak cepat panas.
Sepintas Perihal Inverter

Pure sine wave inverter

  • Grid Tie Inverter adalah tipe special inverter yang dirancang untuk menyuntikkan arus listrik ke sistem distribusi tenaga listrik yang sudah ada, misalkan PLN/Genset. Inverter tersebut harus disinkronkan dengan frekuensi grid yang sama, biasanya berisi satu atau lebih fitur maksimum power point tracking untuk mengkonversi jumlah maksimum daya yang tersedia, dan juga termasuk fitur proteksi keselamatan.
Sepintas Perihal Inverter

Grid Tie Inverter

Grid Tie Inverter dikenal sebagai synchronous inverter. Perangkat ini tidak dapat berdiri sendiri, apalagi bila jaringan tenaga listriknya tidak tersedia. Dengan adanya grid tie inverter kelebihan KWh yang diperoleh dari sistem PLTS ini bisa disalurkan kembali ke jaringan listrik PLN untuk digunakan bersama.

Rugi-rugi / loss yang terjadi pada inverter biasanya berupa dissipasi daya dalam bentuk panas. Effisiensi tertinggi dipegang oleh grid tie inverter yang diclaim bisa mencapai 95-97% bila beban outputnya hampir mendekati rated bebannya.

Pada umumnya effisiensi inverter adalah berkisar 50-90% tergantung dari tipe inverter dan beban outputnya. Bila beban outputnya semakin mendekati beban kerja inverter yang tertera maka effisiensinya semakin besar, demikian pula sebaliknya.

Modified sine wave inverter bila dipaksakan pada beban-beban induktif maka effisiensinya akan jauh berkurang dibandingkan dengan pure sine wave inverter. Perangkat beban akan menyedot daya 20% lebih besar dari seharusnya. Oleh karena itu dari sisi harga maka pure sine wave inverter paling mahal sama halnya seperti Grid Tie Inverter.

Sepintas Perihal Inverter Semoga Bermanfaat

Dengan mengetahui meskipun hanya Sepintas Perihal Inverter , maka Anda dapat menentukan inverter mana yang cocok dan sesuai dengan aplikasi penggunaannya. Jangan sampai salah memilih inverter hanya karena murah, tetapi kemudian tidak berguna sama sekali.

Mentari Solar LED
error: Content is protected !!